PENGERTIAN ANIMASI,SEJARAH,DAN JENIS-JENIS.
ANIMASI
·
Pengertian Animasi : adalah
gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara
khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan
waktu.
·
Sejarah Animasi :
Animasi
adalah gambar bergerak yang dibuat dengan cara merekam gambar-gambar diam,
kemudian rekaman gambar-gambar tersebut diputar ulang dengan berurutan sehingga
terlihat tidak lagi sebagai masing-masing gambar terpisah, tetapi sebagai
sebuah kesatuan yang menghasilkan ilusi pergerakan yang tidak terputus. Manusia
pada zaman dahulu kala sudah pernah mencoba untuk menggambar sebuah gerakan,
contohnya gambar hewan yang kakinya digambar dengan pose yang menunjukkan bahwa
hewan tersebut seolah-olah bergerak dalam gua pada zaman paleolitikum. Salah
satu cikal bakal dari animasi adalah Wayang, dimana sudah ada di Indonesia pada
abad ke 9.Animasi pertama kali dibuat oleh Fady Saeed dari Mesir tahun
1756. Pada abad ke 17 sampai 19, peralatan-peralatan animasi sederhana telah
ditemukan sebelum munculnya proyektor film. Sejarah Film Animasi dimulai
pada tahun 1890, Film animasi yang pertama kali dibuat oleh Charles-Émile
Reynaud, penemu Praxinoscope, yaitu sebuah sistem gerakan yang menggunakan
putaran dari 12 gambar. Pada tanggal 18 Oktober 1892, di Musée Grévin di kota
Paris, Perancis, beliau memamerkan animasi dengan putaran dari 500 gambar.
·
Jenis-jenis aninasi :
1.Animasi
cel
Animasi cel
merupakan animasi tertua dan merupakan bentuk animasi yang paling popular. Kata
cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk
membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Sekarang material
film dibuat dari asetat (acetate). Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn
animation). Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk
animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya
antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.
Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah
pertama dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan
berjalan di lembar berikutnya, pada akhirnya gambar akan tampil
bersamaan(seperti pada metode layer).
2.Animasi frame
Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana,
dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar
yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame
per second). Contoh animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar
yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut
sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam
Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini
sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan
dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.
3.Animasi sprite
Metode animasi ini yang menjadikan objek “sprite” yang
dapat bergerak secara individual dimana objek yang lainnya hanya sebagai
background atau latar belakang
yang tidak bergerak. Prosesnya adalah
mebuat gambar sprite dengan latar belakang warna hitam, lalu dibuat juga sprite
yang sama tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna tertinggi,
kemudian ditempatkan dengan pertama-tama menyimpan background yang akan ditimpa
oleh sprite dan ditempatkan sprite dengan Xor dan ditimpa dengan warna
tertinggi secara Xor. Animasi sprite memiliki perbedaan dengan animasi cell dan
animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu
bersamaan namun memiliki fpsatau frame per detik yang berbeda dan bila ingin di
edit maka harus dilakukan pada masing-masing objek sprite tersebut. Contoh
animasi dengan tipe objek sprite ini adalah membuat simulasi tata surya dimana
latar belakangnya tidak bergerak. Hanya planet-planet saja yang bergerak.
4.Animasi path
Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis
lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta
api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi
perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi
tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik
animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan
sebagai lintasan gerakan objek.
5.Animasi spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Objek bergerak biasanya
tidak mengikuti garis lurus, misalnya bentuk kurva, program animasi komputer
memungkinkan untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerak berbentuk
kurva.
https://mfrlive.wordpress.com/2013/04/02/jenis-jenis-animasi/
Komentar
Posting Komentar